Selasa, 23 Agustus 2011


SOLUSI UNTUK STREES-EATING

  1. Berkonsentrasilah pada gigitan perrtama. Indera perasa pada lidah anda bisa “puas” setelah 8 hingga 10 kali telan. Dengan begitu, anda tidak akan terburu-buru menghabiskan makanan.
  2. Makanlah sendiri setidaknya sekali seminggu. Makan dalam suasana yang tenang membuat anda bisa berlatih untuk lebih mengenali isyarat-isyarat lapar atau kenyang.Sehingga, anda  bisa berlatih untuk tetap makan dengan tenang walaupun pikiran sedang “terganggu”.
  3. Sisakan makanan di piring. Sadarilah bahwa sebenarnya anda tak terlalu menginginkan atau membutuhkan makanan sebanyak yang anda pikiran sebelumnya.
  4. Belilah es krim. Saat sedang mengalami bad day dan membutuhkan pembangkit semangat, jangan ragu untuk membelinya dengan satu syarat : Buang rasa bersalah ! Makanan favorit bisa menenangkan. Asal jangan berlebihan ya…
ü      23% mama merasa bersalah menikmati “me time” namun 19% mama mengatakan mereka berhak mendapatkannya. (majalah PI september 2010)
ü      Penelitian terbaru menemukan, wanita yang rajin mengonsumsi vitamin B6 dan folat saat berdiet lebih terhindar dari resiko meninggal akibat serangan jantung atau stroke. Yuk, konsumsi dari sumbernya : ikan, bayam, ayam, alpukat dan kacang-kacangan.
ü      Tidur nyenyak, ingin tidur lebih lelap ? Mudah saja, anda sebaiknya tidak minum kopi delapan jam sebelum tidur dan tidak makan malam minimal dua jam sebelum tidur. Karena, proses pencernaan biasanya membuat anda susah terlelap.
ü      Awet muda ? gampang, caranya tidak mengonsumsi alkohol berolah raga selama dua jam atau lebih dalam seminggu dan mengonsumsi tiga macam buah dan sayur setiap hari.
ü      Hesokuri adalah “tabungan rahasia” ibu rumah tangga di jepang dan berasal dari anggaran rumah tangga yang disisihkan. Uniknya, hesokuri tak disimpan di bank tapi di tempat rahasia dalam rumah yang hanya diketahui istri !
ü      82 % mama merasa mereka pantas digaji untuk melakukan pekerjaan rumah tangga (tentu saja itu adalah kewajiban, namun pekerjaan tetaplah sebuah pekerjaan, bukan ?

BAHAGIA DENGAN MEMBERI

1.      Menghilangkan strees. Merka yang memberikan bantuan kepada orang lain akan merasa lebih bahagia dan tidak merasakan depresi dibandingkan dengan yang memberikan bantuan. Bahwa memberi sesuatu kepada orang lain akan membawa efek bahagia yang sama dengan morfin dan heroin.
2.      Merasa special. Orang lain tentu akan merasakan bahagia dengan pemberian anda. Kini, selain menempati ruang khusus di hati mereka, tanpa anda sadari, dengan melihat senyuman bahagia atau ucapan terima kasih, andapun pasti merasa ikut bahagia.
3.      Lebih bersyukur. Sering mengeluh dan merasa kekurangan ? Dengan memberi, anda akan menyadari  bahwa dalam hal tertentu ternyata anda masih berada di kondisi yang lebih baik dari orang lain. Sekrang anda bisa bersyukur atas apa yang anda miliki, kan ?
4.      Baik untuk kehidupan sosial. Memberi akan menghubungkan anda dengan orang lain dan kehidupan sosial anda. Maka kehidupan akan saling membutuhkan.
5.      Hukum timbal balik. Percayalah, kebaikan yang anda berikan akan dibalas (mungkin) dengan cara dan bentuk yang berbeda  suatu hari nanti.

TIP BELANJA SAAT MUDIK

1.      Buat daftar prioitas. Buat daftar belanjaan yang ingin anda beli. Ingat, bisa jadi barang yang anda beli juga ada di kota anda dengan harga lebih murah. Jadi sikapi nafsu belanja dengan bijak ya..
2.      Bawa uang tunai yang cukup. Mengingat mesin ATM tidak selalu anda temukan dengan mudah.
3.      Hitung oleh-oleh sejak awal. Jangan lupa mencatat siapa saja yang anda belikan oleh-oleh.

KEGIATAN MENYENANGKAN DI MOBIL DENGAN SI KECIL

1.      Siapkan lagu anak-anakdan bernyanyilah bersama.
2.      Bawakan mainan favoritnya sehingga ia mainkan sendiri.
3.      Buatlah permainan yang seru ( mencari angka/huruf dari nomer mobil disekitar mobil anda )
4.      Jangan lupa juga untuk membawa cukup camilan dan minuman yang bisa dinikmati anak di mobil.
5.      Buat mobil anda menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat. Jangan lupa bawa bantal dan gulingnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar