Minggu, 08 Januari 2012

Kenapa anak suka "banyak" bertanya ???

Assalammualaikum..
Banyak orang tua kayak kita nih, yang saling curhat.."napa ya, anak saya cerewet banget" atau "gimana ya caranya menghadapi anak yang suka banyak nanya?" atau "sukanya nanya mulu, bingung jawabnya" em atau banyak lagi pertanyaan yang senada..
Gimana solusinya ????
So, kebetulan anakku yang kedua "hobi" banget nanya..apa aja ditanyain, kadang bisa dijawab kadang kita "kalah" jawabnya. Pernah nih, beberapa ibu2 ngumpul ya curhatan masalah ini sih, jadi kesimpulannya bahwa para ibu ini pada gak tau cara menangani anak yang seperti itu. Cerewet gak hanya melanda anak perempuan, namun anak laki2 juga loh !!!
Kadang kalo kitanya siap dengan pertanyaan mereka ya it's ok jawabnya, tapi kalo kitanya sibuk dengan sesuatu/g mood maka jawabnya pasti lain dengan pertanyaan, misal nih "udah udah, mama sibuk" atau "tanya papa ya" (pengalihan tanggungjawab hihi)
Sebenernya sih kita "banyak" tahu tentang teori hadapi anak yang semacam itu, namanya juga anak cerdas jadi rasa penasarannya tinggi. Namun jika kita kurang jeli hadapi maka yang ada akan terjadi kitanya malas jawab pertanyaan mereka.
Mereka akan terasah dengan pertanyaan kritis, tajam bahkan yang konyol sekalipun. Coba deh kita hitung (kalo gak malas sih) berapa kali mereka bertanya sesuatu yang masuk akal/tidak masuk akal dalam sehari. Harusnya kita bikin jurnal pertanyaan mereka hehehe, biar kita lebih tahu bahwa anak2 kita itu anak cerdas, harapan bangsa, calon pemimpin yang jujur amanah (amin...) --** tuh kan emaknya yang heboh ternyata ?!
Kita disini gak bahas gimana cara hadapi anak2 seperti itu, namun kita share bagaimana cara kita untuk tetap pada jawaban yang mudah bagi mereka. Sekali kita ok, dua kali kita maklum dan ketiga kali kita sewot..hihhi. Apalagi kita yang paling paham bagaimana anak2 kita, sebenernya kita sangat tahu gimana cara menanganinya, kita ada kok ilmunya...CUMAN kadang kita "malas" menghadapi mereka. Kalo kita liat, pertanyaan mereka sebenernya lucu2 loh :) Kalo anakku yang besar biasa tanya begini "mi, brontosaurus kalo lawan stegosaurus menang mana ?" Hehehe. Nah, lain lagi ma anakku yang perempuan "mi, kenapa sih aku punya adik kok cuman 1 ?" Hah, wah kalo itu jawabnya gimana tuh ??? (--**sambil geleng2)
Nah ada yang bilang, kalo anak kritis atau banyak tanya itu, nurun dari orang tuanya ??? aku juga baca di status FB, bener gak sih ??? anggap bener, anak kita itu adalah cerminan kita :)
Yang paling penting adalah kita bangga akan anak2 yang sudah kita lahirkan dan besarkan. Biarkan mereka dengan segala "kelebihan" mereka namun selalu ada save control yang pas bagi mereka. Tiap anak lain, maka jangan pernah membandingkan dengan yang lain. Mereka adalah aset kita yang paling berharga :)
Sayangi anak kita dengan penuh cinta kasih..
Tetap semangat ya :)

Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar